Penyembuhan Asam Urat (Penyebab, Gejala & Pantangan Asam Urat)

Penyakit asam urat (seringkali dimaksud gout) adalah penyakit yang dapat menyebabkan rasa nyeri, yang kadang-kadang rasa nyeri ini buat seorang tidak bisa lakukan aktivitas sekalipun.

Gejala asam urat ini dapat menyebabkan pembengkakan serta rasa panas di persendian. Sisi badan yang seringkali diserang asam urat yaitu sendi jari tangan, lutut, pergelangan kaki, serta jari kaki.

Orang yang terserang asam, jadi rasa sakit dapat berjalan dalam periode waktu 3-10 hari. Timbulnya pembengkakan bukan sekedar dibagian sendi, namun dapat juga dibagian badan sekitaran sendi, yang gejalanya dibarengi dengan warna kulit yang memerah. Keadaan begini mengakibatkan badan jadi tidak dapat bergerak dengan leluasa.

Biasanya lelaki lebih rawan untuk alami asam urat dibanding beberapa wanita, terlebih saat masuk umur 30 th. keatas. Mengenai pada kaum hawa, asam urat biasanya muncul sesudah masa menopause.

Gejala Penyakit Asam Urat
Saat keluar rasa nyeri dengan mendadak pada sendi, spesial di bagian sendi jempol kaki, ini dapat jadi gejala penyakit asam urat, di mana gejala ini yang seringkali berlangsung pada pasien.

Keadaan begini bahkan juga dapat buat orang yang merasakannya juga akan kesusahan untuk jalan karna rasa nyeri yang muncul saat jalan. Meskipun nyeri sendi dapat keluar setiap saat, namun umumnya seringkali keluar saat malam hari.

Terkecuali sendi dibagian jempol kaki, sendi-sendi yang lain yang ada di ujung anggota tubuh juga mempunyai kemungkinan terserang asam urat, seperti sisi lutut, jari-jari tangan, pergelangan kaki, pergelangan tangan, jari-jari tangan, siku, serta telapak kaki tengah.

Rasa nyeri yang keluar lumayan sakit rasa-rasanya, bahkan juga dapat dibarengi dengan munculnya pembengkakan, timbulnya warna kemerahan dibagian sekitaran kulit yang terserang asam urat, serta munculnya sensasi panas.

Serangan asam urat umumnya berjalan dalam periode waktu 3-10 hari. Saat gejala mereda serta bengkak sedikit untuk sedikit mengempis, lantas kulit yang berada di sekitaran sendi juga akan alami dampak berbentuk kulit bersisik, serta dapat merasa gatal.

Meskipun serangan asam urat bisa reda dengan sendirinya, namun keadaannya tidak bisa dilewatkan. Di mana tetaplah butuh dikerjakan usaha penyembuhan, termasuk juga berupaya supaya mencegah resiko kambuh asam urat.

Langkah Mencegah Kambuhnya Asam Urat

1. Batasi Mengkonsumsi Makanan yang Memiliki kandungan Purin Tinggi
Makanan yang di dalamnya terdapat zat purin yang tinggi, dapat mengakibatkan terjadinya penambahan asam urat dengan penting didalam badan. Oleh karenanya jauhi atau batasi mengkonsumsi makanan yang di dalamnya terdapat banyak zat purin.

Beberapa makanan yang di dalamnya terdapat zat purin agak banyak seperti jeroan, kerang-kerangan, udang, kepiting, daging merah, ikan sarden, ikan teri, ikan makarel, serta makanan yang memiliki kandungan ragi.

2. Jauhi Minuman Beralkohol
Mengonsmusi minuman mengandung alkohol dapat tingkatkan asam urat. Terus-terusan konsumsi minuman serta makanan ringan manis dapat juga tingkatkan asam urat.

3. Jagalah Berat Tubuh
Untuk mencegah kambuhnya asam urat, jadi butuh juga untuk melindungi keidealan berat tubuh, jagalah berat tubuh supaya tidak obesitas (kegemukan). Keadaan obesitas mengakibatkan kemungkinan tinggi munculnya penyakit asam urat kembali yang menyebabkan rasa nyeri.

4. Kerjakan Kesibukan Fisik
Lakukan berolahraga dengan teratur supaya dapat kurangi berat tubuh. Berolahraga dengan teratur juga jadikan badan senantiasa sehat serta bugar. Tetapi, jauhi type olah raga yang terus-terusan memberi desakan pada sendi yang alami peradangan serta nyeri.

Dianjurkan untuk lakukan berolahraga renang karna airnya akan menyokong berat tubuh, hingga berolahraga berenang tidak buat sendi alami desakan.

5. Memperbanyak Minum Air Putih
Hal yang lain yang perlu dikerjakan yaitu minum air putih yang cukup. Jauhi badan dari terserang problem dehidrasi. Hal tersebut karna cairan didalam badan (terlebih air putih) memilki peranan perlu dalam kelancaran pembuangan zat asam urat lewat sistem urine, hingga mencegah terjadinya kristal.

6. Suplemen Vitamin C
Satu riset memberikan kalau kandungan vitamin C mempunyai faedah untuk mencegah penyakit asam urat. Di mana konsumsi vitamin C bekerja untuk memaksimalkan kemampuan ginjal dalam sistem pembuangan asam urat yang berada di pada badan.

Banyak dosis vitamin C yang disarankan dikonsumsi dalam satu hari yakni 500 miligram. Walau demikian, sebelumnya dalam konsumsi suplemen vitamin C jadi butuh lakukan konsultasi pada dokter mengenai hal semacam ini.

Karna di kuatirkan kalau pada obat yang dikonsumsi, nyatanya tidak bisa dikonsumsi berbarengan dengan suplemen vitamin C.

Faedah suplemen Vitamin C untuk mencegah asam urat ini berdasar pada info dari situs Alodokter. com (linknya berada di sisi bawah artikel ini), cuma saja pada situs Livestrong. com malah mengatakan demikian sebaliknya kalau mengkonsumsi suplemen yang memiliki kandungan vitamin C atau D bisa tingkatkan resiko pembentukan batu ginjal serta tingkatkan kandungan asam urat manurut National Kidney and Urologic Diseases Information Clearinghouse.

7. Obat Asam Urat Resep Dokter
Dalam satu keadaan, dokter memberi referensi resep obat untuk mencegah kambuhnya asam urat. Umumnya dokter memberi resep obat pencegah asam urat untuk orang yang seringkali alami asam urat yang kambuh, atau untuk orang yang alami komplikasi dari asam urat.

Probenecid. Type obat ini bekerja untuk tingkatkan peranan ginjal dalam membuangnya asam urat. Resikonya dari pemakaian obat Probenecid yakni sakit perut, ruam kulit, serta meningkatnya resiko penyakit batu ginjal.

Comments

So empty here ... leave a comment!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sidebar