6 Makanan Aman Bagi Penderita Asma

Asma

Faktor pemicu kambungnya seorang penderita asma bukan semata-mata alergi dari lingkungan sekitar seperti bulu pada binatang atau udara. Tetapi faktor yang bisa memicu asma terjadi juga bisa berasal dari jenis makanan yang dikonsumsi oleh penderita asam tersebut. Sangat penting untuk tahu bagaimana cara mengontrol asma melalui jenis makanan yang dikonsumsi sehari-hari.

Nah berikut ini ada beberapa jenis bahan makanan yang aman dikonsumsi oleh penderita asma, Anda yang memiliki asma harus mencatatnya.

  1. Jahe

Jahe memiliki kandungan senyawa anti-inflamasi yang bisa menjadi ramuan kuat bagi penderita asma. Kandungan yang dimiliki jahe dipercaya mampu membantu mengurangi peradangan pada saluran pernapasan, selain itu jahe juga efektif digunakan sebagai media pengobatan terapi. Tetapi tidak dianjurkan untuk menggantu obat asma Anda dengan jahe.

  1. Minyak Zaitun

Banyak orang yang percaya manfaat minyak zaitun baik untuk tubuh, salah satunya bagi penderita asma. Minyak zaitun memiliki kandungan omega-3 yang dapat mengurangi risiko serangan asma. Namun dalam penggunaanya, pastikan Anda tidak memanaskannya hingga mencapai suhu tinggi karena dapat merusak nutrisi yang ada di dalamnya.

  1. Hindari Makanan Mentah

Selada atau apel dapat memicu asma Anda kambuh. Jika ingin mengonsumsinya lebih baik memasaknya terlebih dahulu untuk mengurangi risiko alergi.

  1. Rosemary

Jika Anda sedang mengonsumsi ikan atau ayam panggan maka taburi dengan daun rosemary di atasnya. Selain mampu memberikan cita rasa lezat pada makanan, daun rosemary juga bisa membantu mengurangi gejala asma karena zat bernama asam rosmarinic yang ada pada daunnya. Zat ini dipercaya dapat melawan zat kimia dan radikal bebas yang dapat memicu asma kambuh.

  1. Asam Lemak Omega 3

Menambah asupan gizi yang memiliki kandungan asam lemak omega 3 seperti dari rami atau biji chia bisa membantu mengurangi peradangan dengan efektif serta mengatasi gejala asma.

  1. Makanan Kaya Akan Magnesium

Magnesium mampu membantu otot-otot halus yang terdapat pada paru-paru menjadi rileks dan tidak sempit. Jadi untuk Anda yang menderita asma, pastikan mendapatkan magnesium yang cukup dalam diet. Contoh sumber magnesium yang mudah di dapat adalah pisang, kacang mete dan kacang merah serta sumber lain yang kaya kandungan magnesium.

Comments

So empty here ... leave a comment!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sidebar