Tips Belajar Menjadi Stand Up Comedian untuk Pemula

Para pemula yang ingin menjadi seorang stand up comedian, mayoritas merasa bahwa menjadi komika itu wajib cerdas dan beranggapan akan menjadi percuma saja apabila seorang pemanggung yang pemalu dan ber IQ pas-pasan menampilkan jokenya, dipastikan tidak akan menarik perhatian apalagi lucu.

Alasan begini SALAH BESAR. Pemikiran begini cuma juga akan jadi penghalang anda di karier Stand Up Comedy nantinya.

Raditya Dika sempat memberi statement bahwasannya : Materi Stand up comedy itu tidak mesti cerdas namun dapat pula relevan.

Relevan yang bermakna kecocokan. Lebih mendalam sekali lagi, kecocokan pada materi anda dengan audience, kecocokan jalur story telling anda dengan kondisional, atau kecocokan anda dengan materi hambar meskipun.

Dasarnya banyak pemahaman tentang relevansi dari stand up comedy ini. Jadi meskipun anda tidaklah terlalu pandai pintar banget dalam membuat materi stand up punya anda jadi satu paket yang cerdas, paling tidak penampilan anda cukup menghibur serta dapat di terima audience.

Berikut ini terdapat banyak asumsi salah yang buat stand up pemula jadi kurang percaya diri serta anda dapat menghadapinya supaya anda tidak takut jadi lucu serta kreatif.

Penampilan Stand Up harus menambahkan unsur pesan moral serta Gawat sosial.

Sebagian komika memanglah cukup profesional dalam memasukkan unsur pesan moral pada materi stand up mereka. Sebut saja Sammy Notaslimboy, Panji Pragiwaksono, David Nurbianto, dll.

Penyisipan pesan moral ini begitu mengagumkan jika berhasil diaplikasikan.

Tetapi bukanlah jadi harga mati untuk anda jadi pemula untuk ikuti jalur ini. Banyak kok komika bergelar pro tetapi amat sedikit memasukkan unsur pesan moral bahkan juga tak ada sekalipun pada materi mereka. Sebut saja Fico, Babe Cabita, dll.

Seseorang pemula saat akan stand up, yang perlu berani maju serta dapat mengkondisikan dianya merampungkan materinya sampai akhir, itu adalah level awal yang baik buat anda. Pemula mesti mengerti berarti stand up terlebih dulu. Stand up yaitu berdiri. Stand up comedy bermakna berdiri sembari mengkomedikan materinya di waktu berdiri.

Bila anda berhasil untuk mengerti ini serta mempraktekkannya, berarti anda telah selangkah semakin maju di banding beberapa komika komika perdana yang juga akan manggung yang lain.

Baca Juga: Kata Kata Lucu

Penampilan Stand up Comedy harus memasukkan susunan Punchline, Callback, Character POV, serta arti istilah Stand up yang lain supaya materinya semakin kuat serta dinilai makin profesional.

Bila anda lihat tontonan beberapa komika instrumental seperti Acho, Dede Kendor, serta semacamnya, jadi terang saja anda juga akan terbanting dengan mindset.

Untuk permula tidaklah perlu ribet pikirkan ke-3 susunan sekalian. Pertama kalinya saya stand up dimuka pemirsa, materi yang saya susun cuma menambahkan callback, serta itu cukup memperoleh sambutan hangat dari pemirsa.

Comments

So empty here ... leave a comment!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sidebar