Tips merawat kursi roda yang benar

kursi roda model standar

 

 

Cara Yang Benar Merawat Kursi Roda

 

Perawatan Kursi Roda

Pemeliharaan kursi roda sangat penting untuk mendapatkan hasil maksimal dari kursi roda dan untuk memperpanjang masa manfaatnya. Pengguna bisa melakukan atau mengarahkan perawatan rutin dari kursi roda manual, yang akan membuat kursi roll lebih halus dan berkinerja lebih baik. Ini akan membuat kursi roda lebih mudah digerakkan, mengurangi ketegangan pada lengan, terutama pergelangan tangan dan bahu.

 

Perawatan roda gigi yang tepat dan sering juga membuat kursi roda lebih aman. Faktanya, sebuah studi baru-baru ini menunjukkan bahwa sebagian besar pengguna kursi roda mengalami kegagalan beberapa aspek dari kursi mereka dalam enam bulan pertama mendapatkan kursi baru – dan seringkali hasil cedera.

 

Pembersihan dan Inspeksi rutin kursi roda anda

 

Menjaga agar kursi roda tetap bersih dan kering adalah salah satu tugas paling sederhana dan paling penting yang dapat dilakukan pengguna untuk memperpanjang umur serta kinerja kursi tersebut.

 

Kursi roda harus dibersihkan seperlunya – setidaknya sekali per bulan. Handuk kertas dan pembersih rumah tangga sederhana cukup untuk membersihkan sebagian besar komponen kursi. Ban dan kastornya juga bisa dibersihkan dengan alat Armour All atau produk serupa. Saat membersihkan kursi, ini adalah kesempatan sempurna untuk memeriksanya untuk kerusakan pada kerangka atau komponen (misalnya, Retak, goresan dalam, potongan yang bengkok, penyok) dan untuk memeriksa pengencang longgar (mis., Mur, baut, sekrup).

 

 

Jika kerusakan terdeteksi atau ada pengencang longgar, kursi harus dibawa ke pemasok kursi roda yang memiliki reputasi bagus. Bagaimanapun juga , setiap kursi roda memang harus diperiksa secara menyeluruh oleh pemasok profesional setiap setengah tahun sekali.

 

  • Roda dan Ban Tempat untuk memulai di mana karet memenuhi jalan. Ban pneumatik (terisi udara) lebih sering dikenal dengan ban hidup tentu lebih ringan dan bergulung dengan daya tahan kurang dari padatan padat atau busa. Namun, ban pneumatik harus tetap terjaga dengan baik. Tekanan ban harus diperiksa setiap minggu dan diisi agar tetap berada dalam kisaran nilai, yang biasanya dicetak di sisi ban.
    Ban yang di bawah tekanan meningkatkan daya tahan rolling, memperkuat risiko mendapatkan ban kempes, dan mengurangi umur ban dengan merobohkan dinding samping dan menghilangkan tapak. Pompa sepeda sederhana dengan alat pengukur tekanan udara adalah semua yang dibutuhkan untuk menjaga agar ban benar-benar melambung. Ban harus diganti saat tapaknya dipakai sekitar setengah ketebalan aslinya. Roda bagian spoke lebih ringan dan sering lebih kuat untuk kursi roda model ultralight. Untungnya, jari-jari memerlukan sedikit perawatan; Namun, mereka harus diperiksa mingguan untuk jari yang patah atau longgar. Hal ini bisa dilakukan dengan hanya melihat pada jari-jari tangan dan dengan mencabutnya seperti senar gitar. Jikalau ada bagian yang longgar atau rusak, anda bisa membawa ke pemasok kursi roda atau toko dengan harga kursi roda murah untuk perawatan atau perbaikan. Kursi roda berkualitas menggunakan bantalan disegel, namun kadang kala, rambut, serat karpet atau helai halus lainnya bisa masuk ke bantalan. Penjepit dapat digunakan untuk melepaskannya dan membebaskan bantalan. Pada kursi roda bagian pelepas cepat, oli, minyak, dan kotoran bisa menutupi as roda. Setidaknya setiap dua minggu, as roda dan sisipan harus dibersihkan dengan handuk kertas atau lap kering atau dengan minyak ringan. Ini adalah saat yang tepat untuk memeriksa apakah as rodanya terlepas dengan mudah dan jika kunci bola mudah digunakan dan sepenuhnya. Setelah memeriksa kunci bola, pasang kembali kemudi ke kursi dan tarik di penghubungnya dengan menggenggamnya seperti bola bowling.
    Kastor biasanya hampir bebas perawatan. Komponen kunci yang wajib dan harus diperiksa adalah ban kastor, dengan memeriksa pada bagian potongan /sambungan ; Jika ditemukan, kastor harus diganti. Bantalan roda Kastor rentan untuk memunguti rambut, serat karpet dan serat lainnya. Jika memungkinkan, serat terlebih dahulu harus dilepas dengan pinset dengan melepaskan kastor, membersihkan as roda, dan mengganti kastor.

 

  • Bagi orang-orang yang tinggal atau bepergian ke daerah di mana ada salju atau di mana mereka mendorong melalui genangan air, bantalan kastor mungkin kehilangan pelumasannya, menimbulkan korosi dan menjadi muda rusak. Saat bantalan dan roda kastor dibersihkan, ujung depan kursi bisa diangkat dan kastor berputar dengan tangan atau jari. Jika roda membuat bunyi klik atau tidak mudah bergerak, kastor harus diganti. Bagi orang-orang yang tinggal di daerah dengan musim dingin atau cuaca buruk yang sering, mengganti kastor dan bantalan setiap musim semi adalah aturan praktis yang bagus untuk diikuti.

 

  • Kursi dan sandaran Kursi dan sandaran punggung harus mendukung postur tubuh saat merasa nyaman. Lapisan yang rusak, aus atau over-stretched dapat menyebabkan postur tubuh buruk, performa buruk, nyeri, dan luka. Pelapis harus tetap bersih dan terbebas dari robekan, air mata, lubang, atau kerusakan lainnya yang bisa mengakibatkan kegagalan. Sabun dan air ringan bisa digunakan untuk membersihkan pelapis, yang harus dilakukan sekitar sekali per bulan. Untuk jok adjustable-tension, penting untuk memastikan tali pengikat tidak bergeser atau tergelincir. Gunakan krayon untuk menandai tali pengikat untuk memastikan mereka tetap pada tempatnya.

 

  • Kursi roda menggambarkan pernyataan pribadi tentang pengguna tersebut, dan penting untuk menciptakan kesan pengguna oleh orang lain dan persepsi diri seseorang. Kursi yang bersih dan berfungsi dengan baik mencerminkan pengguna dengan baik dan dapat membantu menghadirkan citra positif dan profesional. Sungguh sangat mengherankan betapa banyak orang berpakaian bagus, namun terus berjalan di kursi yang kotor dan kurang terawat, terutama mengingat konsekuensi dari kursi roda yang gagal, yang bisa mengakibatkan kehilangan waktu di tempat kerja / sekolah, kehilangan aktivitas dengan keluarga / teman, atau kehilangan tempat tinggal. Pada kesempatan lain. Kursi yang bersih dan terpelihara dengan baik dapat memberi beberapa tahun mobilitas aktif. detail artikel lengkap : jual-alkes.com

 

 

Comments

So empty here ... leave a comment!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sidebar