Blanja.com Edukasi E-Smart IKM Di Gandeng Oleh Kamperin

Kementerian Perindustrian (Kemperin) lewat Direktorat Jenderal (Ditjen) Industri Kecil serta Menengah (IKM) kembali mengadakan workshop e-Smart IKM. Kemperin yang bekerja sama juga dengan marketplace Blanja. com untuk moment di Makassar.

Blanja.com Edukasi E-Smart IKM Di Gandeng Oleh Kamperin

Sejumlah 40 aktor IKM dari komoditas pangan yang datang dari Makassar mengikutii workshop yang berjalan dari tanggal 17-18 Oktober 2017 di LA’RIZ Wthree Hotel di Makassar.

“E-Smart IKM adalah System Basis Data IKM yang tersaji dalam profil industri, sentra serta product yang diintegrasikan dengan marketplace yang telah ada. Dengan mendorong penambahan kemampuan bidang IKM lewat workshop e-Smart ini, diinginkan perekonomian kota Makassar juga akan bertambah, yang selanjutnya juga akan menolong penyerapan tenaga kerja serta pengentasan kemiskinan, ” papar Dirjen IKM Gati Wibawaningsih dalam info tertulis, Rabu (18/10).

Pada workshop yang diadakan sepanjang dua hari ini, beberapa peserta memperoleh tuntunan dari tenaga pakar dari marketplace BLANJA. com tentang photografi product serta beberapa langkah lakukan transaksi penjualan dengan digital. Diluar itu, peserta akan diberi pengetahuan untuk penambahan daya saing serta produktivitas usahanya.

Materi itu berbentuk info tentang credit usaha rakyat, restrukturisasi mesin serta perlengkapan, standarisasi product, dan pengetahuan-pengetahuan tentang pengembangan product serta kiat penetapan harga.

BLANJA. com turut mensupport program Ditjen IKM dalam meningkatkan penjualan beberapa aktor IKM Indonesia yang sampai kini masih tetap mempunyai terbatasnya infrastruktur dalam pasarkan produk-produknya dalam taraf nasional, ataupun internasional. Jadi marketplace hasil bekerjasama strategis PT Telkom Indonesia Tbk serta eBay Inc, Blaja. com turut mensupport system e-Smart IKM yang bisa menolong Ditjen IKM Kementerian Perindustrian dalam buat kebijakan perkembangan serta pengembangan industri kecil serta menengah di Indonesia.

Selain itu juga Direktorat Jenderal (Ditjen) Pajak Kementerian Keuangan juga menyebutkan banyak beberapa pebisnis on-line atau e-commerce yang mempunyai pendapatan diatas Rp 4, 8 miliar per th. tidak taat membayar pajak, baik berbentuk Pajak Pendapatan (PPh) ataupun Pajak Bertambahnya Nilai (PPN). Pemicunya karna system pelaporan pajak di Indonesia memakai self assessment.

” Banyak yg tidak lapor Surat Pemberitahuan (SPT), tidak bayar pajak walau omzetnya telah lebih dari Rp 4, 8 miliar satu tahun, ” tutur Direktur Penyuluhan, Service, serta Hubungan Orang-orang (Humas) Ditjen Pajak, Hestu Yoga Saksama

Hestu Yoga menyebutkan, transaksi usaha on-line menjangkau Rp 80 triliun hingga Rp 100 triliun per th.. Nilainya diperkirakan selalu bertambah karena trend pergeseran pola hidup belanja orang-orang Indonesia dari konvensional ke e-commerce. Hal ini juga dapat disebabkan karna konsumen lebih nyaman dengan adanya cek resi jne untuk mengetahui barang pesanannya.

” Transaksi e-commerce menjangkau Rp 80 triliun hingga Rp 100 triliun. Tapi jumlahnya belumlah ada data dari BPS. Di konvensional turun, tapi bukanlah bermakna daya beli turun. Berubah ke e-commerce serta ini mesti diantisipasi, ” katanya.

Menurutnya, pebisnis on-line tidak taat menunaikan keharusan membayar pajak karna system pelaporan sekarang ini self assessment, yakni system pemungutan pajak yang memberi keyakinan pada Harus Pajak (WP) untuk mengkalkulasi, membayar, serta memberikan laporan sendiri jumlah pajak yang semestinya terutang berdasar pada ketentuan perundang-undangan perpajakan.

” Bila self assessment banyak yang tidak ingin lapor, karna ketidakpahaman atau tidaklah terlalu perduli ada keharusan perpajakan di situ. Mungkin jualan saat ini, tapi tidak lapor apa-apa, tidak lapor SPT, tidak bayar pajak walau sebenarnya telah jadi Entrepreneur Terkena Pajak (PKP) dengan omset diatas Rp 4, 8 miliar per th., ” katanya.

Oleh karenanya, Ditjen Pajak tengah mempersiapkan ketentuan skema atau mekanisme pemungutan pajak e-commerce yang bisa mencapai semua aktor usaha usaha on-line.

Comments

So empty here ... leave a comment!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sidebar