Apa sih hewan hermafrodit itu

Hermafrodit atau biasa disebut berkelamin ganda merupakan makhluk hidup yang  mempunyai sistem atau  alat reproduksi ganda (jantan dan betina), kebanyakan makhluk hidup yang mempunyai kelamin ganda adalah tumbuhan, seperti bunga, dan beberapa  tanaman yang sering ditanam petani seperti jagung.

Selain tumbuhan makhluk hidup yang memiliki sistem reproduksi ganda adalah hewan. Apakah anda tahu hewan apa saja yang tergolong hermafrodit?  Beberapa hewan yang sering kita jumpai dikebun, pekarangan rumah, disawah dan disungai ternyata mempunyai kelamin ganda. Apa saja hewan tersebut?  Berikut beberapa hewan  yang berkelamin ganda disekitar kita dan sering kita jumpai.

4 jenis hewan hermafrodit dilingkungan kita

 

1. Belut

Hewan pertama berkelamin ganda yang sering kita jumpai bahkan kita konsumsi adalah belut. Hewan ini termasuk dalam kategori ikan, meskipun banyak dijumpai ditempat tempat yang berlumpur ternyata belut tergolong dari jenis ikan. Dibeberapa daerah hewan ini berhabit disungai sungai dan danau. Belut mengandung protein yang sangat tinggi sehingga baik untuk dikonsumsi, selain itu rasa daging dari belut sangatlah enak sehingga masuk dalam kategori makanan yang memiliki cita rasa  berbeda dari yang lain.

2. Bekicot

DiIndonesia bekicot sering dicari dan dimasak lalu dikonsumsi, namun dibeberapa negara hewan ini dilarang untuk dikonsumsi maupun dibudidayakan karena sering membawa parasit, salah satu parasit yang sering dibawa adalah cacing pita. Hewan dengan nama latin Achatina fulica ini  sering kita jumpai dipekarangan rumah dan dikebun, apalagi setelah hujan turun keberadaan hewan ini mudah dicari. Tahukah anda ternyata bekicot  mempunyai kelamin ganda atau biasa disebut hermafrodit. Bekicot menyimpan telur telurnya didalam tubuh dan jika mau menetas baru dikeluarkan.

 3. Lintah

Lintah merupakan hewan penghisap darah yang dapat kita temukan di sungai, rawa, dan tempat lain berair yang tidak terkontaminasi oleh limbah lingkungan. Lintah juga tergolong hewan hermafrodit atau berkelamin ganda. hewan ini ternyata mempunyai banyak kegunaan, lintah jenis hirudo sering digunakan untuk media terapi. Beberapa penyakit yang sering disembuhkan dengan terapi lintah diantaranya seperti bisul, jerawat dan sakit gigi dengan penyebab gusi bengkak. Tahukah anda selain hewan lintahnya, ternyata minyak lintah juga mempunyai manfaat, dan salah satunya digunakan untuk terapi kecil seperti syaraf pada telapak tangan. Minyak lintah mempunyai kegunaan bisa dibuktikan juga dari testimoni minyak lintah yang beredar, selain itu juga pernah dilakukan penelitian dan diketahui minyak lintah mengandung zat hirudin, histamin, hyaluronidase, anti kolagen dan nitric oxide, dimana kandungan tersebut bermanfaat untuk manusia.

4. Cacing Tanah

Cacing tanah juga tergolong hewan berkelamin ganda yang mudah ditemukan di sekitar kita. Tahukah anda ternyata cacing tanah mempunyai banyak kegunaan dan manfaat. Contohnya dapat menyuburkan tanah, selain itu cacing tanah juga berkhasiat mengobati beberapa penyakit seperti tifus,  diare dan dapat melancarkan sistem pencernaan. Biasanya cacing tanah dibakar terlebih dulu lalu dicampurkan dalam segelas air dan diminum, selain itu ada juga yang menjadikanya sebagai lauk makan guna mengobati penyakit yang diderita.

Itulah salah satu ciptaan dari Sang Pencipta, Meskipun hewan diatas terlihat aneh dan bikin merinding namun masih menyimpan berbagai manfaat yang beguna bagi kehidupan manusia. Semoga informasi ini bisa menambah wawasan ilmu bagi kita bersama

Comments

So empty here ... leave a comment!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sidebar