Bahan bahan alami yang berkhasiat untuk sembuhkan batuk

Batuk merupakan sebuah respon tubuh ketika seseorang sedang menghirup debu, kotoran, bubuk merica atau aroma menyengat seperti cabai yang digoreng dan lain sebagainya. Biasanya ketika seseorang menghirup sesuatu asing maka secara reflek akan batuk atau bersin, namun batuk tersebut hanyalah reflek saja bukan merupakan penyakit. Dikatakan dari gejala suatu penyakit jika batuk tersebut frekuensinya sering, dan biasanya batuk akan disertai dengan pilek.

Tahukah anda bahwa sebenarnya batuk maupun pilek dapat sembuh dengan sendirinya tanpa kita obati, namun sembuhnya bisa dalam waktu yang lama. Untuk itulah pemberian obat perlu kita lakukan supaya batuk bisa sembuh lebih cepat. Beberapa bahan alami dipercaya berkhasiat untuk meringankan dan menyembuhkan batuk, dan berikut beberapa bahan alami yang dipercaya dapat menyembuhkan batuk.

1. Madu

Salah satu manfaat madu adalah untuk mengobati batuk. Madu nerupakan suatu bahan alami yang mempunyai kandungan gizi komplit, diantaranya adalah vitamin, fruktosa, air, protein, dan mineral, tidak hanya itu saja, madu juga mengandung senyawa nutrisi lain seperti niasin, kalsium, tembaga, riboflavin, zat besi, magnesium, potassium dan zinc. Kandungan madu tersebut sangat dibutuhkan oleh tubuh kita guna menjalankan sistem metabolisme dalam tubuh setiap harinya. Untuk itu mengkonsumsi madu setiap hari dalam jumlah yang tepat dipercaya mampu menyehatkan tubuh sehingga batuk bisa sembuh dengan cepat.

2. Jahe

Selain madu, jahe juga berkhasiat untuk meredakan batuk. Rasa hangat yang dihasilkan dari jahe dapat meringankan batuk karena kandungan hangat yang ada pada jahe tersebut sehinngga tenggorokan terasa lebih lega. Menurut penelitian ternyata jahe memiliki kandungan Shogaols, dimana kandungan tersebut ampuh untuk memerangi bakteri maupun virus penyebab batuk dan flu.

3. Jeruk nipis

Bungkin sudah bukan menjadi rahasia lagi jika air jeruk nipis yang dipadukan dengan kecap dapat meredakan batuk. Obat batuk alami ini sudah digunakan sejak nenek moyang kita, dan sampai saat ini juga masih digunakan. Jeruk nipis mengandung minyak astiri dan zat lainnya yang dapat mengontrol otot-oto di pernafasan yang beguna meredakan batuk, itulah kenapa jeruk nipis berkhasiat untuk meredakan batuk.

Nha itulah beberapa bahan alami yang dipercaya berkhasiat dapat meredakan dan menyembuhkan batuk, namun apabila batuk tidak kunjung sembuh dengan obat tradisional diatas segeralah memeriksakan diri ke dokter.

 

Comments

So empty here ... leave a comment!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sidebar